Supaya Ingat Minum Air Putih

ingat minum air putih

Supaya ingat minum air putih dapat dilakukan dengan berbagai cara sederhana. Di tengah kesibukan yang padat membuat orang melupakan kesehatannya. Kebiasaan minum air putih juga sering disepelekan. Air putih dianjurkan untuk dikonsumsi delapan gelas dalam sehari. Jika aktivitas sangat padat, konsumsi air putih pun sebaiknya diperbanyak. Padahal minum air sangat penting bagi tubuh agar tetap aktif. Jika Anda tipikal orang yang sering lupa minum air,berikut cara sehat agar rajin minum air .

  • Setelah bangun:
    Segera setelah Anda bangun,minumlah segelas air. Ini adalah cara terbaik untuk meningkatkan gerakan usus dan melunturkan racun dari tubuh.Anda bisa minum jus,susu atau teh setelah itu.

 

  • Selalu bawa air:
    Pastikan Anda tidak akan pernah keluar tanpa sebotol air.Ketika Anda pergi,jangan lupa bawa air minum sendiri. Selain menjaga Anda dehidrasi,juga akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

 

  • Minum saat olahraga:
    Ketika berolahraga,tubuh membutuhkan banyak air,sebab air dalam tubuh keluar lewat keringat.Akibatnya,tubuh jadi kekurangan air.Jadi,luangkan waktu untuk istirahat sebentar dan minum sedikit air untuk mempercepat latihan Anda dan menghindari dehidrasi.

 

  • Campur dengan lemon:
    Jika Anda terlalu bosan minum air sejak pagi,Anda bisa mencampurnya dengan beberapa bahan seperti lemon atau madu.Ini adalah salah satu cara terbai untuk meningkatkan asupan air dengan cara yang sehat.

 

  • Ganti cairan lain:
    Air kelapa adalah salah satu minuman terbaik membuat Anda tetap segar dan menyediakan jumlah air yang diperlukan.Jika Anda bosan minum air putih,minum lah air kelapa.Air ini membantu menurunkan berat badan.

 

  • Sebelum makan:
    Jika Anda menjalani diet,Anda dapat memiliki segelas air 10-15 menit sebelum makan.Selain mencegah retensi air,tindakan ini juga membuat Anda merasa lebih kenyang.Sehingga Anda akan makan lebih sedikit.

 

  • Ciptakan tujuan:
    Buat aturan bahwa Anda harus minum delapan gelas dalam sehari. Jangan lupa mencatat berapa gelas air yang sudah Anda minum. Jika selalu ingat, Anda akan merasa bertanggung jawab untuk memenuhi tujuan yang sudah diciptakan tersebut.

Setelah kita membaca tips supaya ingat minum air putih, sekarang saya akan menjelaskan salah satu hal pertama yang akan terjadi jika kita kekurangan minum air putih.

Jika tubuh kita cairan maka hal pertama yang terjadi adalah dehidrasi ringan. Dehidrasi ringan biasanya disebabkan karena tubuh kehilangan cairan sebanyak 2% hingga 3% dari berat badan. Dampak dehidrasi ringan dapat mengganggu kinerja fisik dan kognitif tubuh. Ketika 3% atau lebih air yang hilang dari berat badan, maka dapat menyebabkan penurunan yang signifikan dalam jumlah darah yang dipompa oleh jantung. Hal ini mengurangi kemampuan untuk memberikan oksigen dan zat gizi ke sel-sel dan mengeluarkan produk sampah. Volume darah menurun juga mengurangi aliran darah ke kulit dan produksi keringat, yang membatasi kemampuan tubuh untuk berkeringat dan mendinginkan diri. Suhu tubuh kemudian meningkat dan risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan panas, seperti heat exhaustion dan heat stroke.

Lalu mengapa kita wajib untuk mengingat minum air putih? Karena air putih adalah minuman terbaik dan relatif aman diminum terus menerus. Terlebih lagi, air putih tidak mengandung kalori. Setiap minuman dapat dengan mudah memenuhi kebutuhan cairan tubuh, tetapi ada yang berkontribusi memberikan kalori sehingga mempengaruhi berat badan dan ada juga yang tidak. Mengingat bahwa obesitas merupakan masalah kesehatan utama dan minuman saat ini mewakili lebih dari 20% dari total asupan energi di Amerika Serikat, walau kebanyakan orang memilih air putih sebagai minuman pilihan mereka. Pilihan lainnya adalah teh, kopi, susu rendah lemak serta susu kedelai rendah lemak, minuman tanpa pemanis buatan, jus buah dan sayuran, minuman olahraga, dan minuman manis ‘minim’ gizi.

Semoga info ini dapat bermanfaat ya sobat 🙂

Sumber [Aneka Sumber]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s